Tiongkok Ungkapkan Program Pembom Stealth Baru Hong-20


Tiongkok, IDM NewsTiongkok telah mengungkap program pembom stealth generasi baru, Hong-20 yang uji coba penerbangannya mungkin akan segera dilakukan, kata surat kabar Global Times Tiongkok yang melaporkan kemarin (10/10).


Pengumuman resmi Hong-20 kemungkinan akan dijadwalkan untuk acara Zhuhai Air pada bulan depan meskipun belum ada konfirmasi mengenai hal ini. Sementara rincian pesawat belum diketahui, namun pesawat tersebut kemungkinan memiliki jangkauan yang lebih jauh daripada pesawat stealth yang sudah ada yang tengah menjalani pengujian atau dalam kedinasan Angkatan Udara Tiongkok.

Pembom stealth baru ini akan melengkapi pesawat tempur stealth Shenyang J-31 yang pertama kali diterbangkan secara publik pada tahun 2016 dan pesawat tempur stealth kursi tunggal, multirole, Chengdu J-20 yang diproduksi oleh Chengdu Aircraft Industry Group (CAIG).

Stasiun televisi resmi Tiongkok mengkonfirmasi nama pembom itu pada hari Selasa (09/10). Sebelumnya China Central Television telah menyiarkan dalam sebuah film dokumenter pada bulan Agustus bahwa "pengembangan.

pembom strategis jarak jauh baru, Hong-20, telah mencapai kemajuan besar."

Ini adalah pertama kalinya nama "Hong-20" muncul secara resmi. "Hong" adalah karakter pertama hongzhaji, "pesawat pembom" dalam bahasa Tiongkok.

Pembom Tiongkok Hong-20 telah dikembangkan di Shanghai Aircraft Design and Research Institute sejak 2008, koran Rusia Rossiyskaya Gazeta sebelumnya melaporkan.

"Generasi baru pembom dapat membawa lebih banyak bom daripada pembom H-6K sebelumnya, memiliki keunggulan dari fitur stealth dan mampu menyerang sasaran dari jarak jauh (standoff)," kata seorang ahli militer Song Zhongping dalam wawancara sebelumnya dengan Global Times pada bulan April.

Hong-20 dapat meningkatkan kemampuan pasukan udara defensif dan ofensif dan "memungkinkan angkatan bersenjata Tiongkok untuk memiliki deterrent nuklir dan konvensional yang lebih kuat," kata Song.

***
Editor : Setiawan
Sumber : Defenseworld.net
banner
Advertisement
loading...
Diberdayakan oleh Blogger.
close
Banner iklan disini